pembuatan peta

Pembuatan Peta dengan Melakukan Konversi Data AutoCad ke ArcView

Pada proses pemetaan digital sering kali menggunakan data spasial dari berbagai sumber data dan dari berbagai macam software. Salah satu data yang sering digunakan adalah data AutoCad. Berikut langkah-langkah yang dilakukan untuk mengkonversi data AutoCad ke Arc View :

1. Konversi data AutoCad ke Arc View (*.dwg ke *.shp)

2. Mengubah obyek yang berupa luasan ke dalam data polygon

3. Pembuatan layout peta

Konversi data AutoCad ke Arc View (*.dwg ke *.shp)

Konversi dilakukan dengan menggunakan extension Cad Reader. Layer-layer pada file AutoCad diubah menjadi file *.shp. Satu layer diubah menjadi sebuah file *.shp. Contoh layer jalan diubah menjadi jalan.shp. Untuk layer lainnya yang tidak diubah dinonaktifkan terlebih dahulu.

1Mengubah obyek yang berupa luasan ke dalam data polygon

Pada peta obyek-obyek dipermukaan bumi disajikan dalam bentuk simbol-simbol. Simbol dapat berupa titik, garis, luasan / polygon. Data Auto Cad yang telah diubah kedalam data Arc View masih berbentuk data garis. Untuk mengubah format data garis ke luasan dapat digunakan extension Edit Tools.

2

Pembuatan layout peta.

Proses kartografis banyak dilakukan pada tahap ini. Peta dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menyajikan informasi dan menarik. Setelah pembuatan layout peta selesai maka peta dapat di print dan disajikan dalam bentuk hardcopy.

%d bloggers like this: